Costumer Relationship Management
Pengertian Customer Relationship Management (CRM)
Ada beberapa
pengertian tentang Customer Relationship Management (CRM) yaitu :
a.
Customer
Relationship Management adalah sebuah perusahaan untuk berkonsentrasi menjaga
pelanggan (supaya tidak lari ke pesaing) dengan mengumpulkan segala bentuk
interaksi pelanggan baik itu lewat telepon, email, masukan di situs atau hasil
pembicaraan dengan staf dan marketing.
b.
Customer
Relationship Management adalah sebuah istilah industri TI untuk metodologi,
strategi, perangkat lunak (software) dan atau aplikasi berbasis web lainnya
yang mampu membantu sebuah perusahaan (enterprise, kalau bear ukuranny) untuk
mengolah hubungannya dengan para pelanggan.
c.
Customer
Relationship Management adalah sebuah strategi bisnis menyeluruh dari satu
perusahaan yang memungkinkan perusahaan tersebut secara efektif bisa mengelola
hubungan dengan para pelanggan.
TUJUAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT
Secara garis besar tujuan CRM adalah sebagai
berikut :
·
Mengenali dan menganalisa relasi.
·
Mengenali dan menganalisa pasar.
·
Mengenali dan menganalisa produk keluaran.
FUNGSI – FUNGSI DALAM
CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT
Ada beberapa fungsi
dalam CRM yaitu :
·
Mengidentifikasi aktor-aktor yang penting bagi
pelanggan.
·
Mengusung falsafah customer-oriented
·
Mengadopsi pengukuran berdasarkan sudut pandang
pelanggan
·
Membangun proses ujung ke ujung dalam melayani
pelanggan.
·
Menyediakan dukungan pelanggan yang sempurna.
·
Menangani keluhan / komplain pelanggan.
·
Mencatat dan mengikuti semua aspek dalam
penjualan.
CARA MEMBUAT CUSTOMER
RELATIONSHIP MANAGEMENT SUPAYA BERHASIL
a.
Perancangan bisnis yang matang
b.
Mendefinisikan tujuan dan sasaran dari CRM
menurut strategi yang ditetapkan
c.
Menentukan batasan-batasan dari CRM menurut
strategi yang sudah ditetapkan
d.
Menentukan parameter dan standar pengukuran
keberhasilan penerapan CRM
e.
Menentukan stsndar aturan penanganan strategi
berdasarkan informasi dari system CRM seperti perubahan, perbaikan, dan
pemantapan strategi.
Dalam merencanakan system CRM ada beberapa hal yang harus
diperhatikan yaitu :
Saran yang inin dicapai bersifat jangka panjang, Sesuai
dengan yang telah ditentukan perusahaan, Hasil yang dicapai dapat menjadi sasaran
kunci bagi bisnis perusahaan, Penerapan CRM dapat mengurangi biaya perusahaan
secara keseluruhan, Nilai resiko akibat penerapan CRM.
Adapun kendala kendala pada customer relationship management
adalah sebagai berikut :
Pada aplikasi TI, terbuangnyafeature atau
kelebihan-kelebihan yang ditawarkan TI dengan percuma, Pelanggan tetap
mengeluh, Hubungan dengan pelanggan tetap transaksional, Tidak ada peningkatan
efisiensi, Staf sales dan marketing masih saling menyembunyikan data,
Keuntungan perusahaan masih stagnan.
Kunjungi juga :
DSukmana
Mas Ireng
Kunjungi juga :
DSukmana
Mas Ireng


Comments